Update Tsunami Selat Sunda, 281 Orang Meninggal

Update Tsunami Selat Sunda, 281 Orang Meninggal
Bagikan tulisan ini via:

Korban tewas akibat tsunami yang menerjang selat Sunda di Banten dan Lampung kini bertambah menjadi 281 orang meninggal dunia. Jumlah itu di-update pada Senin, 24 Desember 2018 pukul 07.00 Wib.

“Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga 24 Desember 2018 pukul 07.00 WIB, menerima 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi,” kata Kepala Pusat Informasi Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya pada Senin, 24 Desember 2018.

Selain itu, Sutopo menjelaskan 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 kapal-kapal rusak akibat tsunami tersebut. Jumlah ini merupakan data yang dihimpun di 5 kabupaten yang terdampak tsunami.

“Korban dan kerusakan ini berada di 5 kabupaten yang terdampak yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran. Jadi wilayah di Provinsi Banten dan Lampung yang berada di Selat Sunda. Daerah di Kabupaten Pandeglang adalah yang paling banyak dikunjungi oleh korban dan kerusakannya diperbandingkan daerah lain, “ucap Sutopo.

Jumlah tambahan yang ditambahkan masih akan terus bertambah. Beberapa lokasi yang belum disentuh. Tim Yakinkan Utama merupakan proses evakuasi korban dan Penanganan korban yang selamat.

“Penanganan darurat terus dilakukan di daerah yang terdampak tsunami di Selat Sunda. Prioritas penanganan darurat saat ini adalah koordinasi, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, perawatan kesehatan, penanganan pengungsi, perbaikan darurat prasarana yang rusak,” tutur dia.

“Kemungkinan data korban dan kerusakan masih perlu ditingkatkan belum semua berhasil didata. Pendataan masih dilakukan oleh petugas,” imbuh dia.


DONASI TSUNAMI BANTEN, KLIK DI SINI

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)