Tips Gajian Berkah, Bahagianya ke Mana-mana

Tips Gajian Berkah, Bahagianya ke Mana-mana
Tips Gajian Berkah, Bahagianya ke Mana-mana
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat Berbagi, pernah bingung bagaimana menyiapkan rencana keuangan keluarga? Pernah merasa gaji setiap bulan tidak pernah cukup? Padahal niat hati ingin sekali bahagiakan orangtua dan bermanfaat buat sesama… Pernah juga kehabisan uang kas padahal gajian baru lewat 7 hari?

Wah, kondisi ini tidak boleh dibiarkan, lho! Untuk sebagian besar karyawan, gaji bulanan adalah sumber pemasukan utama yang menentukan kelangsungan hidup secara sehat. Selain itu, gaji juga menjadi faktor penting dalam usaha mencapai tujuan finansial yang telah ditetapkan.

Bagaimana agar gaji bisa HABIS tepat dalam waktu sebulan? Bagaimana agar bahagianya gajian bisa dirasakan lebih lama oleh kita dan orang-orang di sekitar kita? Ini dia tipsnya!

ALOKASIKAN 10% UNTUK BERBAGI KEBAHAGIAAN

Berapapun penghasilanmu, besar ataupun kecil, upayakanlah untuk selalu berbuat kebaikan. Definisi berbuat kebaikan itu amat luas, tidak terbatas hanya pada memberikan donasi di tempat ibadah, tapi juga hal lain seperti berbakti kepada orangtua dan memberikan bantuan secara bijaksana kepada orang lain yang membutuhkan. Angka ini juga bukanlah angka pasti yang sifatnya wajib, jika anda masih dalam tahap awal berkarier sehingga penghasilannya belum besar, bisa lebih kecil dari angka tersebut namun upayakan tetap ada.

Oh ya, bila penghasilanmu sudah mencapai nisab, keluarkan terlebih dahulu zakatnya sebesar 2,5%. Bukankah harta yang bersih lebih barokah dan menenangkan jiwa?

Kamu bisa mengecek apakah kamu sudah wajib zakat di sini donasi.ddbanten.org/hitungzakat

JANGAN LUPA 40% UNTUK TABUNGAN MASA DEPAN

Dalam konteks keuangan, persiapan untuk masa depan mencakup hal seperti Dana Darurat, Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Dana Pendidikan Anak, Dana Pensiun, Dana untuk DP Rumah (bagi yang belum memiliki), Mengembangkan Kekayaan dan dana untuk berbagai tujuan keuangan lainnya. Untuk pemenuhan Masa Depan tersebut bisa menggunakan berbagai produk jasa keuangan dan investasi seperti tabungan, deposito, asuransi dan reksa dana atau emas.

UNTUK BIAYA HIDUP CUKUP 50% SAJA

Persentase inilah idealnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup termasuk di dalamnya biaya makan, transportasi, tagihan utilitas, pulsa telepon, langganan televisi, keanggotaan olahraga, hobi, pakaian, rekreasi dan sebagainya. Semua dari yang sifatnya kebutuhan pokok, sampai gaya hidup silakan dimasukkan dalam alokasi ini.

#JanganTakutBerbagi

Termasuk membagikan tips yang Insya Allah bermanfaat ini ke orang-orang di sekitarmu, ya!

ddbanten

Tips Gajian Berkah

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by