Tetap Sehat Saat Berpuasa

Tetap Sehat Saat Berpuasa
Tetap Sehat Saat Berpuasa
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat, berpuasa di bulan Ramadhan merupakan suatu ibadah yang dilakukan oleh orang Muslim dalam melaksanakan kewajiban terhadap Allah SWT yang terdapat dalam rukun Islam yang ke tiga. Ibadah puasa dibebankan bagi mereka yang sudah akil baligh, baik itu laki-laki maupun perempuan. Meskipun diwajibkan, jika orang tersebut dalam keadaan sakit, menstruasi bagi perempuan, dan dalam perjalanan jauh (musafir) boleh meninggalkan atau membatalkan puasanya. Namun harus menggantinya di luar bulan Ramadhan sesuai dengan jumlah yang ditinggalkan.

Untuk dapat tetap berpuasa, orang yang berpuasa mesti menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan bugar. Makanan yang sehat dan bergizi disertai dengan pola makan yang seimbang juga menentukan kesehatan saat berpuasa. Inilah 3 tips tetap sehat saat berpuasa:

Tidak makan terlalu banyak saat makan sahur dan berbuka puasa

Makan sahur sangat di anjurkan jika ingin berpuasa sekaligus menjadi bekal dari pagi hari sampai magrib. Konsumsi makanan-makanan yang mengandung gizi, vitamin, karbohidrat, protein dan mineral. Contohnya adalah makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan makan makanan yang berserat, tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna yang mengakibatkan rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Mengkonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat juga dengan porsi yang sedang saja.

Seharian menahan lapar, terkadang membuat kita ingin makan semua yang ada di depan mata saat berbuka. Apakah anda tahu makan dengan berlebihan dapat membuat perut kaget dan terjadi masalah seperti sakit perut. Hal tersebut karena perut dalam keadaan sensitif setelah menahan lapar selama kurang lebih 13 jam. Oleh karena itu anda tidak boleh makan dengan berlebihan. Makan secukupnya dan tidak berlebihan adalah anjuran dari Yang Maha Kuasa. Dalam Alquran surat At-Thaha ayat 81 disebutkan makanlah diantara rezeki yang baik yang telah kami berikan kepadamu dan janganlah melampaui batas padanya yang menyebabkan kemurkaan ku menimpamu dan barang siapa di timpa oleh kemurkaan ku, maka sesungguhnya binasalah ia.

Mengutamakan minum yang hangat dan memakan makanan yang manis

Minuman yang hangat sangat baik bagi lambung dan mampu menetralisir asam lambung setelah seharian berpuasa. Sedangkan memakan makanan yang manis dapat menghasilkan energi atau tenaga bagi tubuh.

Hindarilah meminum minuman dingin saat berbuka. Kebanyakan orang lebih memilih untuk minum dingin saat berbuka. Tetapi hal itu tidak baik karena akan meningkatkan asam lambung yang dapat memicu penyakit maag. Minuman dingin lebih baik dikonsumsi beberapa saat setelah berbuka.

Menghindari makan besar saat berbuka puasa

Sebaiknya jangan langsung makan besar (nasi) karena lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan, dan makan besar sebaiknya dilakukan setelah tarawih. Berbukalah dahulu dengan kurma atau kolak karena disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)