Sabar Mendatangkan Berkah Yang Sempurna

Sabar Mendatangkan Berkah Yang Sempurna
Sabar Mendatangkan Berkah Yang Sempurna
Bagikan tulisan ini via:

“Tidak ada rezeki bagi hamba Allah yang paling baik dan paling besar daripada sabar.” (HR. Al Hakim, dishahihkan oleh Al Albani)

Sahabat, berapakah harta kekayaan yang kita miliki? Sekalipun kita memiliki emas setinggi gunung, sungguh tak bisa membeli sifat kesabaran, karena sabar merupakan salah satu rezeki terbaik yang Allah berikan bagi hambaNya.

Ketahuilah bahwa tidak semua orang bisa memiliki sifat sabar, baik itu sabar dalam menghadapi musibah dan kesulitan hidup, sabar dalam beribadah pada Allah, sabar menahan amarah, bahkan juga sabar dalam menerima kesenangan dunia.

Karena hakikat sabar adalah mengekang atau menahan, ini menunjukkan sifat sabar bisa berlaku dalam berbagai kondisi termasuk keadaan yang lapang dan menyenangkab, tidak melulu berkaitan dengan kemiskinan, kesusahan, ataupun kondisi sakit dan kondisi lainnya yang tidak mengenakkan.

Lalu, apa yang membuat sabar menjadi begitu ‘mahal’ dan tak ternilai harganya? Berikut ini beberapa keuntungan orang-orang yang memiliki sifat sabar:

1. Dicintai oleh Allah

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. Ali Imran: 146)

Allah jelas-jelas mengakui kecintaannya pada manusia yang memiliki sifat sabar, lalu apakah yang lebih menguntungkan bagi seorang hamba dibandingkan mendapatkan kecintaan Tuannya?

Apa yang terjadi jika Allah mencintai seorang hamba?

“Bila Aku mencintai seorang hamba, Aku menjadi telinganya yang dengan itu ia mendengar; Aku menjadi matanya yang dengan itu ia melihat; Aku menjadi tangannya yang dengan itu ia menggenggam; dan Aku menjadi kakinya yang dengan itu ia berjalan. Jika ia meminta kepadaKu, pasti Ku beri. Dan jika ia minta perlindungan kepadaKU, pasti kulindungi.” (HR. Bukhari)

Sudahkah kita menyadari bahwa sifat sabar merupakan aset yang luar biasa? Cinta Allah akan menjadi milik orang yang sabar.

2. Semua orang tanpa kecuali akan diuji, maka orang yang paling beruntung adalah yang memiliki sifat sabar

“Sungguh, akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

Bukankah setiap manusia hakikatnya sedang diuji dengan kehidupan dunia ini? Maka, pemenangnya sudah pasti adalah orang-orang yang memiliki sifat sabar.

Orang sabar tidak akan mudah putus asa, mengeluh, pesimis, karena mereka menyadari bahwa di balik cobaan yang Allah berikan pasti terkandung hikmah yang amat besar.

3. Mendapatkan pahala tak berbatas

“…Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

Pahala sedekah mungkin mencapai sepuluh hingga 700 kali lipat, dan itu merupakan balasan yang dahsyat jumlahnya, akan tetapi pahala bersabar ternyata tak memiliki batasan! Jauh lebih luar biasa dibandingkan dengan kebaikan-kebaikan lainnya.

4. Pertolongan Allah hanya bisa kita minta melalui sabar dan shalat!

Sahabat, pernahkah menghadapi keadaan genting di mana kita amat memerlukan keajaiban dan pertolongan Allah akan tetapi bingung bagaimana caranya?

Ketahuilah bahwa sabar dan shalat merupakan cara tercepat dalam meminta pertolonganNya.

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan shalat) sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah 153)

5. Terhapusnya dosa-dosa

Sifat sabar bisa menghapuskan dosa-dosa, sebaliknya… Keluhan dapat mengundang murka Allah, rugi dua kali bukan? Sudahlah diberi soal ujian yang tak enak, dimurkai Allah pula.

“Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut.” (HR. Bukhari & Muslim)

Sahabat, semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang beruntung memiliki sifat ‘mahal’ sabar. Karena sesungguhnya pemenang dalam hidup ini hanyalah orang-orang yang sabar. Wallaahualam.

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by