Rutin Bayar Zakat Tiap Bulan, Perlukah Bayar Zakat di Akhir Tahun?

Rutin Bayar Zakat Tiap Bulan, Perlukah Bayar Zakat di Akhir Tahun?
Rutin Bayar Zakat Tiap Bulan, Perlukah Bayar Zakat di Akhir Tahun?
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG — Rutin Bayar Zakat Tiap Bulan, Perlukah Bayar Zakat di Akhir Tahun?

PERTANYAAN:

Assalamualaikum, Pak. Saya memiliki saldo terakhir di tabungan yang jumlahnya Rp 6 juta. Bagaimana menghitung zakat tabungan saya? Ini karena setiap bulan gaji saya sudah dikeluarkan zakatnya. Apakah tabungan dari sisa gaji yang telah dikeluarkan zakatnya harus dizakati lagi bila mencapai satu tahun? Saya ingin tahu, sebenarnya apa saja yang menjadi pengurang zakat? Berapa zakat penghasilan yang yang harus dikeluarkan? Terima kasih atas jawabannya, Pak. 

Annisa, Rangkasbitung

JAWABAN:

Waalaikumsalam, wr.wb.

Annisa yang baik. Yang menjadi pengurang kewajiban zakat hanyalah utang yang harus segera dibayar yang bersifat konsumtif, misalnya, utang untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari atau utang untuk berobat. Untuk zakat penghasilan, nisabnya senilai 522 kilogram beras dengan besar zakat 2,5 persen yang dikeluarkan setiap menerima penghasilan, misalnya, sebulan sekali.

Nilai zakat tabungan adalah 85 gram emas dan besar zakatnya 2,5 persen. Penghitungannya dimulai pada saat tabungan Anda mencapai nisab. Contohnya, bulan Muharram 1422 H,  Anda mulai menabung dan bulan Syawal 1422 H, tabungan Anda sudah mencapai nisab. Maka Anda berkewajiban berzakat pada bulan Sya’ban 1423 H, setelah berlalu satu tahun dari nisab awal.

Salah satu persyaratan zakat an- namaa (berkembang) karena itu penghasilan Anda yang sudah dikeluarkan zakatnya setiap bulan kemudian sisanya ditabung, maka pada akhir tahun tabungan itu harus diperhitungkan dan dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5 persen jika mencapai nisab senilai 85 gram emas. 

Jawaban oleh Prof. Amin Suma, Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa 

Baca Juga: Inilah 8 Jenis Harta yang Wajib Dizakatkan

***

Tunaikan zakat Anda di Dompet Dhuafa

BCA 245.4000.331
BNI Syariah 9999.2525.8
Mandiri 155.000.2200.221
a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Repubika

Konfirmasi dan Konsultasi Zakat:
WhatsApp Center Dompet Dhuafa 0859 6655 3585 atau klik di sini untuk langsung terhubung dengan admin Dompet Dhuafa bila ada yang ingin Anda tanyakan lebih jauh seputar zakat, sedekah, dan wakaf.


KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

DONASI KEMANUSIAAN

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)