Rio Andika, ‘Nakhoda’ Baru DDV Banten

Rio Andika, ‘Nakhoda’ Baru DDV Banten
Rio Andika, ‘Nakhoda’ Baru DDV Banten
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Banten memiliki nakhoda baru. Rio Andika didapuk sebagai Koordinator DDV Banten para 19 Februari 2018 menggantikan Aldi Reihan. Yuk, kenalan dengan sosok Rio!

Rio adalah mahasiswa Perikanan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten. Sebelum bergabung di DDV, putra asli Pandeglang ini telah aktif di berbagai aksi kerelawanan. Baginya, cita-cita terbesar dalam hidupnya adalah memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk sesama.

“Saya selalu berdoa, ‘Ya Allah… jadikanlah saya seseorang yang membawa manfaat bagi orang lain, apa pun itu bentuknya, selama itu adalah jalan yang baik, saya akan ikuti,’” ujarnya usai serah terima jabatan di Kantor Dompet Dhuafa Banten.

Rio bercerita, menjadi relawan adalah caranya menjalankan peran sebagai mahasiswa yang tidak sekadar belajar namun ada tugas pengabdian.

“Kelawanan adalah wadah untuk melaksanakan salah satu fungsi Tri Dharma Perguruan yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tentu, sebagai mahasiswa saya berkewajiban belajar dengan baik dan sebagai anak saya harus patuh kepada orangtua, dan di sisi lain, saya juga harus berbuat untuk orang banyak,” tuturnya.

Dengan bergabung di DDV, Rio mengaku semakin termotivasi untuk belajar menjadi manusia yang lebih peka terhadapat lingkungan sekitar. Hatinya menjadi begitu mudah tersentuh dan menaruh empati kepada orang-orang yang belum beruntung.

“Hampir setahun bergerak bersama teman-teman di DDV, saya merasa beruntung sekali berada di sini. Saya menjadi belajar banyak hal dari teman-teman relawan. Yang paling sederhana adalah, ternyata berbagi tidak harus menunggu kita punya materi. DDV diisi oleh orang-orang dengan berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa sampai yang sudah bekerja. Semuanya saling sumbang ide. Alhamdulillah, ternyata dengan berbagi waktu dan tenaga saja bahagianya sudah tidak bisa digambarkan, ini nikmat yang luar biasa bagi saya,” ujar Rio panjang lebar.

Di akhir obrolan, Rio mengajak anak-anak muda Banten untuk bersama-sama bergerak dalam aksi baik. Karena Rio menyakini, kebaikan-kebaikan kecil yang dilakukan secara konsistenlah yang akan mengasilkan kebaikan besar di masa mendatang. Selamat bertugas, Rio! (Chogah)


Sumber: Majalah Bangkit Berdaya! Edisi 1/Tahun II/2018


KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

DONASI KEMANUSIAAN

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)