Manulife Aset Manajemen Indonesia Salurkan Dana Purifikasi untuk Renovasi SD di Serang

Manulife Aset Manajemen Indonesia Salurkan Dana Purifikasi untuk Renovasi SD di Serang
Manulife Aset Manajemen Indonesia Salurkan Dana Purifikasi untuk Renovasi SD di Serang
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) hari ini melakukan seremoni pengguntingan pita, menandakan telah selesainya program renovasi SDN Sukarena di Desa Cemplang, Ciomas, Serang, Banten. Program renovasi sekolah yang berlangsung selama dua bulan ini menghabiskan biaya sejumlah lebih dari Rp 285 juta yang dibiayai dari dana purifikasi reksa dana Manulife Syariah Sektoral Amanah. Pada hari dan di wilayah yang sama, di Desa Cemplang, MAMI juga menggelar kegiatan sosial Tebar Kurban Tebar Kebahagiaan. Dalam program ini, MAMI tidak hanya memberikan hewan kurban dari perusahaan, tetapi juga turut melibatkan peran serta karyawannya untuk ikut berbagi hewan kurban dengan masyarakat di Desa Cemplang.

Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur MAMI mengatakan, “Dalam pengelolaan reksa dana syariah, ada kemungkinan reksa dana tersebut menerima pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Pendapatan tersebut akan langsung dikeluarkan dari portofolio, sesuai dengan aturan pengelolaan reksa dana syariah. Dana yang berasal dari hasil pembersihan atau purifikasi inilah yang kemudian kami salurkan untuk kepentingan umum. Tahun ini kami menyalurkan dana purifikasi untuk merenovasi SDN Sukarena di Serang.”

Lebih lanjut Legowo mengatakan, “Kami ingin dana ini disalurkan ke pihak yang tepat. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa Republika (Dompet Dhuafa) dalam program penyaluran dana purifikasi. Dompet Dhuafa bertugas menyeleksi dan mengajukan beberapa alternatif program yang tepat di berbagai wilayah Indonesia untuk menerima dana purifikasi.”

Iwan Ridwan, Direktur Utama Dompet Dhuafa mengatakan, “SDN Sukarena memiliki lima kelas, namun, hanya tiga kelas yang berfungsi untuk kegiatan belajar-mengajar. Dua kelas lainnya dalam kondisi rusak parah, baik di sisi atap, dinding, maupun lantai. Karena kondisi bangunan yang membahayakan keselamatan murid dan guru, maka kedua kelas tersebut terbengkalai selama bertahun-tahun, tidak digunakan sama sekali oleh pihak sekolah. Melalui program purifikasi reksa dana syariah kelolaan MAMI, kami merenovasi bangunan sekolah selama dua bulan, mulai dari bulan Juni hingga Agustus 2018.”

Pada tahun 2017, MAMI menyalurkan dana purifikasi sebesar lebih dari Rp 424 juta melalui Dompet Dhuafa untuk pembangunan jembatan di Gunungpati, Semarang. Sebelumnya, pada tahun 2016, dana purifikasi sebesar lebih dari Rp 271 juta disalurkan melalui Dompet Dhuafa untuk merenovasi SDN 02 Jampang di Gunung Sindur, Bogor. Masih di tahun 2016, bekerja sama dengan TICMI, MAMI menyalurkan dana purifikasi sebesar lebih dari Rp 312 juta untuk membiayai program beasiswa Ahli Syariah Pasar Modal.

Saat ini MAMI mengelola tiga reksa dana syariah. Dua diantaranya adalah reksa dana syariah jenis saham, yaitu Manulife Syariah Sektoral Amanah (MSSA) dan Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS (MANSYAF), serta satu reksa dana syariah sukuk, yaitu Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Reksa dana MSSA yang ditawarkan sejak tahun 2009 telah memiliki dana kelolaan sejumlah Rp 337,67 miliar hingga akhir Juli 2018. Pada periode yang sama, MANSYAF, yang memiliki diversifikasi portofolio di delapan negara dan diluncurkan pada 15 Februari 2016, telah memiliki dana kelolaan sejumlah USD 451,81 juta. Sementara MSSI, yang menawarkan kemudahan investasi hanya dengan dana minimum Rp 10 ribu dan baru diluncurkan pada bulan Mei tahun lalu, telah memiliki dana kelolaan sejumlah Rp 597,12 miliar. 

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)