Lewat ‘Insan Tangguh’, Dompet Dhuafa Dampingi Mustahik Keluar dari Belenggu Kemiskinan

Lewat ‘Insan Tangguh’, Dompet Dhuafa Dampingi Mustahik Keluar dari Belenggu Kemiskinan
Lewat ‘Insan Tangguh’, Dompet Dhuafa Dampingi Mustahik Keluar dari Belenggu Kemiskinan
Bagikan tulisan ini via:

SERANG – Dompet Dhuafa kembali memberikan bantuan pemodalan usaha untuk masyarakat tidak mampu sebagai upaya pengentasan kemiskinan.

Sabtu (28/05/17) lalu, Staf Program Sosial Dompet Dhuafa, Zamaksyari menyambangi kediaman Julaeha Ardharia, seorang ibu rumah tangga dhuafa yang tinggal di Kelurahan Cipare Kecamatan, Kota Serang Banten.

“Saya akan berjualan bakso bakar dan sosis bakar di depan rumah, biasanya kalau bulan puasa begini banyak anak kecil yang jajan,” ujar Julaeha dengan mata berkaca-kaca. [irp posts=”1379″ name=”Insan Tangguh, Bantuan Modal Usaha untuk Penyandang Disabilitas”]

Keadaan ekonomi keluarga Julaeha sangat memprihatinkan. Sang suami yang hanya bekerja sebagai buruh serabutan dengan penghasilan tidak menentu di setiap harinya. Julaeha tinggal satu rumah bersama kakak kandungnya yang juga berada di garis kemiskinan. Rumah 25 meter persegi itu terbagi menjadi dua ruangan yang ditinggali oleh empat kepala keluarga.

Kondisi tempat tinggal Julaeha.

“Saya hanya bisa ucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan Dompet Dhuafa dan donatur untuk kami sekeluarga, sampai kami bisa mendapatkan modal untuk usaha kecil-kecilan,” tuturnya. [irp posts=”3422″ name=”Ketika Mustahik Bayar Zakat”]

Program pemberian bantuan pemodalan usaha kecil untuk dhuafa digulirkan Dompet Dhuafa sejak 2014 lalu dan telah membantu puluhan keluarga keluar dari jerat kemiskinan.

“Program ini kita beri nama Insan Tangguh. Karena banyak masyarakat dhuafa yang sejatinya memiliki keinginan yang kuat dan bakat keterampilan. Hanya saja mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena kemiskinan. Kita mencoba mengulurkan tangan, menyalurkan titipan zakat dan sedekah dari donatur agar pilihan berutang dan terjerat rentenir bukan menjadi pilihan yang mereka ambil,” ujar Zamak menjelaskan. [irp posts=”3773″ name=”Mustahik Move to Muzaki, Program Unggulan Dompet Dhuafa untuk Banten”]

Disampaikan Zamak, sejatinya program Insan Tangguh bertujuan menemani mustahik keluar dari belenggu kemiskinan hingga mendiri. “Moga-moga kelak bisa menjadi muzaki juga, sekarang dibantu, semoga kelak bisa membantu dhuafa lain,” harap Zamak. (ibin/chogah)

TUNAIKAN ZAKAT DAN SEDEKAH ANDA DI SINI

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)