Laporan Situasi #1 Banjir Banten Selatan (11-14 Februari 2017)

Laporan Situasi #1 Banjir Banten Selatan (11-14 Februari 2017)
Laporan Situasi #1 Banjir Banten Selatan (11-14 Februari 2017)
Bagikan tulisan ini via:

Informasi banjir Banten

Banjir melanda Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, Banten pada Kamis, 5 Februari 2017

Di Pandeglang, sebanyak3.671 rumah terendam banjir dengan jumlah penduduk terdampak sebanyak 9.611 jiwa di 13 kecamatan

Di Kabupaten Lebak, banjir melanda 14 kecamatan dengan 1.561 rumah terdampak

 

Situasi Bencana Alam

Sungai di kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, Banten, meluap sejak Kamis, 5 Februari 2017 lalu.

5.232 rumah penduduk terkena dampak banjir. Hingga Minggu, 12 Februari 2017, banjir di wilayah Pandeglang belum juga surut. Banjir disebabkan curah hujan tinggi dan air laut poasang sejak satu pekan terakhir.

Pemerintah kabupaten setempat memberlakukan masa tanggap darurat banjir selama dua pekan, mulai tanggal 5 hingga 22 Februari 2017. Banjir melanda Kabupaten Pandeglang sejak 9 Februari pukul 08.00 WIB. Bencana alam itu merendam 13 kecamatan, antara lain Kecamatan Munjul, Panimbang, Sobang, Cikeusik, Angsana, Sundangresmi, Pagelaran, Patia, Picung, Saketi, Labuan, dan Carita. Data Badan Penanggunalngan bencana Daerah (BPBD) pandeglang, ada 3.671 rumah terendam banjir dengan jumlah penduduk terdampak sebanyak 9.611 jiwa.

Di Kabupaten Lebak, banjir luapan Sungai Ciliman melanda 14 kecamatan antara lain Kecamatan Banjarsari, Gunungkencana, Cijaku, Leuwidamar, Wanasalam, Bayah, Cigenblong, Lebakgedong, Cirinten, Cihara, Malimping, Kalanganyar, Cimarga, danSobang. Sebanyak 1.561 rumah terdampak banjir. Daerah terdampak yang paling parah adalah Kecamatan Banjarsari sebanyak 444 rumah, Leuwidamar 526 rumah, dan Cikaju 227 rumah.

Di Kecamatan Sobang, 9.617 jiwa terkena dampak banjir dengan ketinggian air 50 hingga 200 meter. Tiga rumah roboh dan 280 jiwa mengungsi di Kantor Desa Teluk Lada dan masjid setempat.

BNPB terus mendampingi BPBD dan pemerintah Derah untuk melakukan penanggulangan darurat banjir. Tim kemanusiaan, relawan, dan masyarakat melakukan pemenuhan-pemenuhan kebutuhan dasar penduduk terdampak banjir.

Disaster Management Center Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa Banten, dan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa mendukung kebutuhan dasar makanan, logistik, dan pengobatan gratis di Desa Munjul, Kabupaten Pandeglang.

Dompet Dhuafa tidak bergerak sendiri, aksi Dompet Dhuafa di Kabupaten Pandeglang dan Lebak dibantu oleh sejumlah relawan dari berbagai komunitas dan organisasi di antara Madeenah Indonesia, Yayasan Kami Peduli, Harian Umum Kabar Banten, FesbukBantenNews, Rumah Wakaf Yatim Duafa, IMWEF, Jims Foundation, Master Teacher Indonesia, Tiki, Telkomsel, Santri Entrepreneur, Honda Vario Club Banten, Pemuda Pemudi Bakti Sosial, Pertamina, Central Farma, Butik Pasya, dan donatur perorangan.

 

Kebutuhan Darurat

Logistik Makanan

 

Respons Darurat Dompet Dhuafa

– Posko Pengungsi dan Dapur Umum di Kampung Ciakar, RT 01/01, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Banten

– Distribusi logistik selimut, minyak kayu putih, tikar, dan obat gatal di pengungsian

– Layanan cek kesehatan dan pengobatan cuma-cuma bagi warga terdampak banjir

 

 

Donasi #LoveBantenSelatan

BCA 245.4000.551

BSM 146.006.4444

a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Konfirmasi ke 0859 6655 3585

 

Donasi Online, klik tombol di bawah


 

BANTU KORBAN BANJIR BANTEN SELATAN, KLIK DI SINI


TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by