Jika Masalahmu Sebesar Kapal, Maka Nikmat Allah Seluas Lautan

Jika Masalahmu Sebesar Kapal, Maka Nikmat Allah Seluas Lautan
Jika Masalahmu Sebesar Kapal, Maka Nikmat Allah Seluas Lautan
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG — Sahabat, bila saat ini kita lagi berada dalam posisi sulit, dihadapkan dalam masalah rumit, hingga tak jarang putus asa, padahal ujian yang diberikan sudah berikut jawabannya.

Sering kali di antara kita lupa bahwa ujian itu datangnya dari Allah dan hanya Allahlah yang akan memberikan jalan keluarnya, bahkan Allah sudah meyakinkannya lewat Alquran di dua ayat 5 dan 6 surat Al Insyirah (94): “Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan (5). Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan (6).”

Allah sampai mengulang dua kali ayat tersebut. Hal ini merupakan sebuah penegasan akan janji-Nya dan maka janganlah khawatir janji Allah selalu nyata.

Maka tersebutlah di dalam kitab Al-Muwaththa’ Imam Malik, di dalam kitab pada menyatakan jihad, suatu riwayat demikian bunyinya,“Dari Zaid bin Aslam, berkata dia: ‘Abu ‘Ubaidah bin Jarrah menulis surat kepada Umar bin Khathab yang isinya menerangkan bahwa suatu tentara Rum yang sangat besar telah siap akan menyerang mereka, kekuatan tentara itu amat mencemaskan.’ Surat itu dibalas oleh Saiyidina Umar bin Khathab, di antara isinya: ‘Amma Ba’du. Bagaimana jua pun kesukaran yang dihadapi oleh orang yang beriman, namun Allah akan melepaskannya jua dari kesukaran itu, karena satu ‘usrin (kesulitan) tidaklah akan dapat mengalahkan dua yusran.’”

Apabila bala bencana telah bersangatan menimpa kita, pikirkan segera Surah Al-Insyirah; ‘usrin terjepit di antara dua yusran, kalau itu telah engkau pikirkan, niscaya engkau akan gembira.”

***

Mari turut melapangkan beban saudara kita yang saat ini tertimpa ujian dan musibah, kunjungi www.humanesia.org #BulanKemanusiaan

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by