Ini yang Dilakukan Dompet Dhuafa dalam Respons Banjir Banten Selatan

Ini yang Dilakukan Dompet Dhuafa dalam Respons Banjir Banten Selatan
Ini yang Dilakukan Dompet Dhuafa dalam Respons Banjir Banten Selatan
Bagikan tulisan ini via:

PANDEGLANG – Lembaga amil zakat Dompet Dhuafa mendirikan posko pengungsi dan dapur umum sebagai respons terhadap bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Posko pengungsian yang menjadi titik kumpul masyarakat terdampak banjir didirikan di Kampung Ciakar, RT 1/RW 1, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, sehari setelah air sungai meluap Kamis (9/2/2017) lalu.

“Dompet Duafa bersama relawan sosial bergerak setelah mendapat laporan bahwa di Lebak dan Pandeglang ada banjir. Pantuan relawan di lapangan, Kecamatan Munjul adalah salah satu wilayah dengan dampak terparah di Pandeglang. Atas pertimbangan bersama, akhirnya kami mendirikan posko di sini,” ujar staf Program Dompet Dhuafa, Zamaksyari.

Zamak menjelaskan, di Kecamatan Munjul ada sekitar 4 desa yang terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Respons tahap awal yang dilakukan Dompet Dhuafa, Jumat (10/2) kemarin adalah memberikan bantuan darurat berupa pakaian, makanan, dan obat-obatan. Sabtu (11/2), Dompet Dhuafa dengan tim Disaster Management Center-nya bersama masyarakat dan relawan mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan sekitar 200 lebih jiwa terdampak banjir di sekitar posko.

Respons Dompet Dhuafa di wilayah banjir akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Beberapa persiapan yang tengah disiapkan adalah antisipasi dampak penyakit pascabanjir yang berpotensi dialami masyarakat.

“Kalau keadaan menuntut, kita akan menerjunkan tim layanan kesehatan untuk masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan seperti gatal-gatal dan diare,” tambah Zamak.

Selain di Munjul, relawan yang terdiri atas sinergi sejumlah komunitas sosial juga bergerak memberikan pelayanan di Leuwidamar yang menjadi salah satu titik terparah terdampak banjir di Kabupaten Lebak.

Sementara itu, Fundraising & Communications Manager Dompet Dhuafa Banten, Dedi Setiawan, menyampaikan, hingga saat ini Dompet Dhuafa Banten masih terus menerima bantuan dari masyarakat melalui dompet #LoveBantenSelatan.

“Alhamdulillah, bantuan masih terus mengalir dari masyarakat. Untuk memudahan berdonasi, kami membuka kampanye dompet #LoveBantenSelatan di situs crowdfunding humanesia.org. Masyarakat yang ingin berdonasi untuk saudara-saudara kita korban banjir di Banten Selatan dapat melalsui situs itu,” papar Setiawan.

Di samping membuka kanal donasi online, Dompet Dhuafa juga menerima via transfer ke rekening BCA 245.4000.551 dengan menambahkan angka 3 di belakang jumlah donasi demi kemudahan identifikasi donasi banjir. (*)


BANTU KORBAN BANJIR BANTEN SELATAN, KLIK DI SINI


TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by