Video: Dompet Dhuafa Segera Hadirkan Program Rumah Momong di Kota Serang

Bagikan tulisan ini via:

 

Keluarga adalah lembaga terkecil dalam masyarakat yang memiki peran signifikan dalam menentukan kemajuan sebuah negara. Dari keluarga, seorang anak lahir dan tumbuh menjadi sesosok manusia yang berperan di masyarakat.

Namun sayangnya, masih banyak keluarga-keluarga di masyarakat kita yang tidak menyadari betapa penting peran keluarga dalam membentuk karakter baik pada anak. Akibatnya banyak anak menjadi korban salah asuh.

Selain di masyarakat menengah ke atas, permasalahan ini juga timbul di masyarakat miskin. Tidak adanya akses pengetahuan terhadap ilmu pengasuhan menjadi salah satu faktor keluarga miskin tidak menerapkan pola asuh yang baik bagi anak. Hasilnya, mereka hanya ‘membesarkan’ anak dengan seadanya. Sehingga ketika besar, kesalahan inipun terulang dan berlanjut ke generasi berikutnya. Kemiskinan pun menjadi warisan yang tak usai.

Pendidikan pengasuhan menjadi jawaban atas lingkaran permasalahan kemiskinan ini. Dengan diberikannya pendidikan pengasuhan khususnya kepada para Ibu, diharapkan komunitas sasaran dapat memperbaiki nasibnya. Minimal, kepedulian mereka terhadap kesehatan dan pendidikan anak meningkat.

Oleh karena itu Dompet Dhuafa Banten menginisiasi program Rumah Momong. Rumah momong adalah program pendidikan keluarga, khususnya tentang ilmu pengasuhan (parenting) bagi para ibu produktif di wilayah marginal. Sosialisasi Rumah Momong merupakan rangkaian awal pengenalan program kepada masyarakat sasaran di Kelurahan Calung, terutama kepada para ibu.

Sosialisasi dilaksanakan pada Senin 11 Maret 2018, pukul 10.00 s/d 12.00 di kantor kelurahan Kota Baru, Kota Serang. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan kantor Kelurahan Calung, ketua RT, dan 30 ibu-ibu produktif yang sebagian besar membawa serta anaknya. Kegiatan ini diisi dengan penyampaian informasi mengenai apa itu Rumah Momong, bentuk kegiatannya seperti apa, dan apa manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat di Kelurahan Calung dengan adanya pusat kegiatan Rumah Momong ke depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)