Dompet Dhuafa dan Bukalapak Bantu Penyintas Kembali Melaut

Dompet Dhuafa dan Bukalapak Bantu Penyintas Kembali Melaut
Dompet Dhuafa dan Bukalapak Bantu Penyintas Kembali Melaut
Bagikan tulisan ini via:

Pandeglang, Minggu 26 Mei 2019. Dompet Dhuafa bersama mitra kebaikan Bukalapak menyalurkan 4 perahu untuk para nelayan yang ada di Dusun Sukadame, Desa Smber Jaya, Kab. Pandeglang, Banten. Bantuan perahu ini merupakan program recovery pasca tsunami yang terjadi pada akhir tahuan 2018 lalu di Kab.Pandeglang, Banten. Akibat dari tsunami yang terjadi, masyarakat mengalami kerugian yang sangat signifikan mulai dari rumah yang hancur, perahu yang hancur hingga mata pencaharian mereka hilang dikarenakan mayoritas masyarakat berpropesi sebagai nelayan dan pedagang.

Mulai dari respons hingga beralih ke masa pemulihan, Dompet Dhuafa terus hadir dan mendampingi para penyintas di dalam program recovery ini. Program recovery yang sudah dilakukan oleh Dompet Dhuafa diantaranya pembuatan Masjid, Huntara, Children Center, pendampingan terhadap pelaku usaha kecil dan penyaluran perahu beserta alat tangkap ikan untuk para nelayan. “Harapanya kedepan masyarakat mampu bangkit dari perekonomian yang sempat lmpuh akibat tsunami yang terjadi, sehingga mereka tidak lagi kebingungan dalam mencari nafkah untuk keluarganya”. Ujar Fita Berliana (manager program).

Perahu ini merupakan hasil dari kerja keras Dompet Dhuafa dan Bukalapak dalam penggalangan dana untuk para penyintas tsunami. Donasi yang terkumpul dari para donatur ini, disalurkan dalam bentuk perahu dan alat tangkap ikan sesuai dengan kebutuhan nelayan yang ada di Desa Sumber Jaya. Empat perahu yang disalurakan ini akan dibagi menjadi 4 kelompok nelayan, 1 kelompok terdiri dari lima orang penerima manfaat sehingga jika ditotal penerima manfaat yang mendapatkan perahu sekitar 20 orang nelayan. Mengapa 1 kelompok berisikan lima orang nelayan? karena akad perahu ini bukan hanya untuk satu orang untuk 1 perahu, melainkan 1 perahu dimiliki lima orang penerima manfaat. Sehingga semua mendapatkan haknya untuk melaut dan mencari ikan secara berkelompok, dan hasilnyapun bisa dibagi rata dan sesuai dari hasil tangkapanya.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyalurkan perahu ini, semoga dengan adanya perahu ini, kami bisa bangkit dan kami bisa melaut kembali. Ujar pak eman (nelayan). Pasca tsuami ini memang belum sepenuhnya pulih, masyarakat masih butuh dampingan secara khusus. Dompet Dhuafa akan terus berikhtiar dalam membantu masyarakat penyintas untuk terus bangkit dan mampu mengembalikan perekonomian mereka pasca tsunami. Meskipun tsunami telah menghancurkan harta bendanya, mereka masih tetap semangat untuk terus bangkit dan pantang menyerah. “Semangat itulah yang akan kami jaga untuk masyarakat penyintas” Ujar Fita Berliana (manager program).

 

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by