Dompet Dhuafa Banten Resmikan Program Sentra Ternak

Dompet Dhuafa Banten Resmikan Program Sentra Ternak
Dompet Dhuafa Banten Resmikan Program Sentra Ternak
Bagikan tulisan ini via:

        Dompet Dhuafa Banten sebagai lembaga zakat nasional di Indonesia meresmikan program Sentra Ternak yang diberi nama “DD FARM” di Lingkungan Gowok, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, pada hari, selasa 19 maret 2019. Program Sentra Ternak yang akan dipadukan dengan berbagai program berbasis lingkungan dengan konsep edufarm ini diharapkan bisa menjadi sebuah pusat pembelajaran dan peternakan di Banten. Lahan Sentra Ternak DD Farm sendiri dikembangkan di atas lahan wakaf dengan akad wakaf produktif tersebut dirancang untuk menjadi sebuah program yang melahirkan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat serta menjadi pusat penggemukan maupun pembibitan yang kedepannya menjadi tempat bagi siapa saja berkunjung dan menggali ilmu maupun bermitra.

        Abdurrahman Usman selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Banten dalam sambutannya menyatakan, program Sentra Ternak ini akan focus kepada dua hal, yang pertama pembibitan, dimana indukan akan dikembangbiakan agar bisa menambah ppopulasi serta menjadi pabrik anak domba atau cempe bagi masyarakat Banten. Selain pembibitan, program juga akan menyeriusi penggemukan untuk dipasarkan sebagai penyuplai rumah makan, aqikah, maupun kurban. “program edufarm atau DD Farm ini, selain menggemukan domba untuk dijual juga akan focus pada pembibitan agar populasinya bertambah. Sehingga nanti bisa terbentuk plasma-plasma baru peternakan di Banten dengan bibit atau bakalan yang baik “ ungkapnya menambahkan.

        Sementara itu, Direktur Dakwah Dompet Dhuafa Ustadz Ahmad Shonhaji menyampaikan dalam sambutannya bahwa wakaf yang diproduktifkan akan memberikan manfaat yang sangat luas bagi masyarakat, mengalirkan pahala abadi bagi yang mewakafkannya serta meningkatkan taraf ekonomi bagi penerima manfaat serta masyarakat sekitar. Apalagi selain mengelola Sentra Ternak, di lahan yang sama Dompet Dhuafa juga mengelola Sekolah Dasar gratis bagi masyarakat kurang mampu di sekitar lokasi program yang saat ini memiliki 32 orang siswa kelas 1 dan 2 serta 5 orang pengajar. Rencananya, hasil dari program Sentra Ternak akan digunakan untuk mensubsidi program sekolah tersebut dan menjadi penopang operasionalnya.

        “Selain ternak, Dompet Dhuafa juga mengelola sekolah di lahan ini, nah skemanya, hasil program Sentra Ternak ini akan digunakan untuk membiayai sekolah gratis bagi kaum dhuafa serta program-program lainnya. Maka do’a dan dukungan dari semua pihak dibutuhkan agar program ini bisa sukses dan mencapai hasil yang memusakan” Ujarnya bersemangat.

        Sementara Oji, warga sekitar yang menjadi penerima manfaat program mengatakan bahwa adanya program Dompet Dhuafa tersebut sangat membantu bagi dia dan keluarganya. Menurutnya program Sentra Ternak bisa memberinya penghasilan tanpa harus berfikir biaya anaknya sekolah di jenjang sekolah dasar.

        “Program ini sangat bermanfaat bagi kami dan semoga program ini bisa lancar dan sukses agar semakin banyak orang yang menerima manfaatnya” Ujarnya. Hadir dalam peresmian tersebut diantaranya Rini Trihapurwani (Kepala Seksi Zakat Kanwil Kemenag Provinsi Banten), H. Syihabudin (Dosen UIN “SMH” Banten), Ustadz Ahmad Shonhaji (Direktur Dakwah Dompet Dhuafa) dan segenap tokoh masyarakat setempat. ***

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)
Powered by