Dompet Dhuafa Bangun RS Lapangan dan Layanan Kesehatan Darurat di Lombok

Dompet Dhuafa Bangun RS Lapangan dan Layanan Kesehatan Darurat di Lombok
Dompet Dhuafa Bangun RS Lapangan dan Layanan Kesehatan Darurat di Lombok
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG — Tim Disaster Management Center Dompet Dhuafa telah berada di lokasi gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara. Masih banyaknya warga yang terluka karena tertimpa reruntuhan bangunan, membuat Dompet Dhuafa menerjunkan tim medis terbaiknya, dengan membuat Rumah Sakit Lapangan, dan Layanan Kesehatan Darurat. Dua layanan medis ini rencananya akan dibangun di Lombok Utara dan Lombok Timur.

General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa dr. Rosita Rivai mengatakan Dompet Dhuafa memprioritaskan penanganan korban pasca gempa di Lombok, yang akan ditangani di RS Lapangan, dan Layanan Kesehatan Darurat. “Memang penanganan korban pasca gempa diprioritaskan untuk kasus-kasus pasien yang menderita luka. Bahkan sampai pasien dengan patah tulang akibat terkena reruntuhan,” kata dr. Rosita Rivai.

Penanganan darurat inilah yang membuat Dompet Dhuafa menurunkan sejumlah tenaga dokter spesialis yang diterjunkan dari sejumlah cabang RS dan layanan kesehatan Cuma-Cuma milik Dompet Dhuafa dari beberapa cabang di Indonesia. “Dokter spesialis yang dikirim seperti spesialis orthopedi, bedah, anastesi, dan rekam medis. Dan tentunya dokter umum juga diterjunkan untuk menjawab kebutuhan tenaga medis terkait penanganan yang dibutuhkan,” tambah dr. Rosita.

Selain men-support dan mendirikan RS lapangan, tim medis Dompet Dhuafa akan secara berkala bergerak mengunjungi pasien atau pengungsi menggunakan motor dan mobil lapangan. Tak hanya itu, Dompet Dhuafa juga akan mengirimkan satu unit mobil kendaraan taktis, empat unit sepeda motor taktis, dan satu ambulan dengan empat orang tenaga medis.

Data sementara, gempa Lombok berkekuatan 7 SR mengakibatkan 98 orang meninggal dunia dan 236 orang luka-luka. Sementara ribuan rumah rusak terutama di wilayah Lombok Utara. Aparat gabungan BNPB, Basarnas, TNI dan Polri bersama tim DMC Dompet Dhuafa terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempa bumi.


Donasi untuk Korban Gempa Lombok

BCA 245.4000.551

BSM 146.006.4444

a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Konfirmasi via SMS/WhatsApp 0859 6655 3585

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)