Besok, Jangan Lupa Kita Puasa Arafah

Besok, Jangan Lupa Kita Puasa Arafah
Besok, Jangan Lupa Kita Puasa Arafah
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG — Sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah menjadi momen yang penting bagi umat Islam. Di antara waktu tersebut, ada dua hari di mana muslim dianjurkan berpuasa, yakni puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Kedua puasa dilakukan sebelum perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh 10 Dzulhijjah.

Kedua puasa mengusung keistimewaan masing-masing. Tarwiyah diyakini akan menghapus dosa yang dibuat tahun lalu, sementara puasa Arafah kerap identik dengan puasa sehari yang menghapus dosa dua tahun.

Berkat keistimewaannya itu juga banyak umat Islam kemudian jarang melewatkannya. Mengutip HR Muslim disebutkan, “Puasa Arafah bisa menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang.”

Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan bagi umat muslim sedunia, agar kita dapat turut merasakan nikmatnya seperti yang dirasakan oleh para jamaah haji. Namun, bagi jamaah haji sendiri haram hukumnya untuk berpuasa di hari Arafah 9 Dzulhijjah.

Puasa Arafah dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu hari pada saat jamaah haji melakukan wukuf di padang Arafah.

Tahun ini, puasa Arafah jatuh pada Selasa (21/8/2018), sementara Hari Raya Idul Adha sendiri jatuh pada Rabu (22/8/2018).

Sahabat, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendulang keistimewaan puasa Arafah.

Mau menunaikan puasa Arafah dan belum tahu niatnya?

Dalam mazhab Syafi’i, lafal niat puasa Arafah sebagai berikut:

‎نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ‘arofata lillaahi ta’aalaa)

Terjemahannya: saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa tidak menerima segala bentuk dana yang bersumber dari tindak kejahatan.

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)