Tips Bebas Bau Mulut Saat Puasa

Tips Bebas Bau Mulut Saat Puasa
Tips Bebas Bau Mulut Saat Puasa
Bagikan tulisan ini via:

Berpuasa adalah salah satu kewajiban yang dijalankan umat Muslim di bulan Ramadhan. Berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan, kan? Lebih-lebih bagi yang sudah bekerja, jangan sampai puasa yang semestinya sebagai ibadah justru membuat performa kerja kita menurun. Nah, salah satu satu kendala saat puasa adalah bau mulut yang berasal dari lambung yang kosong. Bau mulut tersebut biasanya membuat sebagian orang tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain.

Mulut yang mengeluarkan aroma tak sedap apabila saat bernafas atau berbicara tentu sangat mengganggu, penyebabnya adalah kekeringan pada mulut karena tidak makan dan minum, produksi air liur pun menjadi berkurang. Hal ini bisa menjadi penyebab utama bau mulut.

Berikut adalah cara mencegah agar tidak bau mulut selama berpuasa:

Perbanyak minum air mineral

Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minum sedikitnya, 2-3 gelas air putih. Manfaat dari minum air putih itu sendiri agar menjaga mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Begitupun saat menjelang buka puasa dianjurkan untuki menyegerakan minum agar terhindar dari dehidrasi.

Sikat gigi

Baik saat bulan puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Terkait di bulan Ramadhan ini sudah menjadi kewajiban yang ganda, mengingat saat berpuasa mulut akan off dari segala aktivitasnya. Menyikat gigi yang dianjurkan adalah setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut dan sesudah berbuka puasa.

Gunakan obat kumur

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

Bersihkan lidah

Lidah menjadi salah satu faktor terjadinya bau mulut, karena banyak bakteri yang terdapat pada lidah karena jarang dibersihkan, Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah bau mulut.

Nah, itu beberapa tips yang bisa Sahabat coba untuk tetap produktif dan PD selama puasa. Semoga bermanfaat, ya. (ibin/chogah)

TUNAIKAN ZAKAT DAN SEDEKAH ANDA DI SINI

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD