Tetap Happy Saat Lebaran Meski Tak Punya Uang

Tetap Happy Saat Lebaran Meski Tak Punya Uang
Tetap Happy Saat Lebaran Meski Tak Punya Uang
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG – Tak terasa, bulan puasa tinggal satu pekan. Dalam hitungan jari, gema takbir kemenangan akan bergema dari seluruh penjuru dunia, bersuka cita menyambut hari Lebaran.

Menyambut datangnya hari kemenangan di Indonesia seolah sudah menjadi tradisi tahunan yang lumrah. Selain persiapan batin dan sripitual, persiapan fisik juga tidak kalah hebohnya.

Hal ini tidak akan membuat kita merasa aneh dan kebingungan ketika melihat betapa banyaknya pedagang musiman yang berjejer di berbagai tempat pusat perbelanjaan. Dan ini adalah masa panen bagi mreka yang berjualan.

Maklum, banyak kebutuhan yang lahir seputar kedatangan lebaran. Belanja kebutuhan rumahtangga meningkat, ongkos transportasi ikut naik seiring banyaknya undangan silaturahmi di mana-mana.

Agar tetap tersenyum bahagia saat Lebaran tiba, kita  perlu menerapkan strategi yang tepat perihal finansial

Pegang prinsip kesederhanaan

Hakikat berpuasa adalah menahan diri, termasuk menahan diri dari sifat berlebih-lebihan. Menu makanan tidak perlu mewah dan berlebihan. Perlengkapan ibadah tidak perlu selalu baru setiap datang bulan Ramadhan. Berbelanjalah sesuai kebutuhan saja. Frekuensi makan yang berkurang karena ibadah puasa, seharusnya justru bisa membantu menghemat belanja untuk kebutuhan perut.

Hitung kebutuhan, bukan keinginan

Kebutuhan seputar bulan puasa dan Lebaran memang tidak sedikit. Anda bisa menghindari tindakan berboros ria dengan menyaring pos mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang sejatinya hanya sebatas keinginan.

Misalnya, kita tidak harus membeli baju Lebaran sampai 5 juta per potongnya. Tidak harus semua yang kita kenakan nanti baru, jika yang bersih dan layak pakai masih ada.

Manfaatkan promo dan diskon yang tepat

Bukan rahasia umum bila di bulan puasa menjelang lebaran, para penjual menggenjot pemasaran hingga maksimal. Aneka promo dan diskon ditebar untuk menangkap animo berbelanja masyarakat yang tengah tinggi.

Supaya isi kantong tetap terkendali, jangan gelap mata bila mendapat tawaran promo atau diskon Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Tetap lihatlah skala kebutuhan atau prioritas. Ini bisa memanfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan bila memang bisa membantu berhemat.

Belanja dari jauh-jauh hari

Bila ada kebutuhan yang pasti hadir saat lebaran seperti oleh-oleh tahunan untuk keluarga ketika mudik ke kampung halaman, baju lebaran keluarga. Kita bisa menyicil pembelian dari jauh-jauh hari bahkan sebelum bulan puasa datang.

Manfaatkan THR dengan bijak

Biasanya dua pekan sebelum lebaran, para pekerja akan menikmati Tunjangan Hari Raya (THR). Sesuai namanya, THR bisa Anda manfaatkan untuk menunjang berbagai kebutuhan seputar hari raya. Namun, usahakan tidak membabi buta menghabiskan, ya.

KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD