Setelah Azan Magrib, Salat atau Makan Dulu Ya?

Setelah Azan Magrib, Salat atau Makan Dulu Ya?
Setelah Azan Magrib, Salat atau Makan Dulu Ya?
Bagikan tulisan ini via:

Ketika azan Magrib berkumandang, perut keroncongan selama berpuasa kerap sudah tidak bisa menahan lapar. Apalagi makanan juga sudah terhidang di meja makan, lantas, mana yang lebih utama didahulukan? Salat dulu atau menyantap makanan dulu agar kita salatnya lebih khusyuk?

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Jika makan malam salah seorang dari kalian telah tersaji sedangkan salat telah ditegakkan, maka dahulukanlah makan malam tersebut. Jangan tergesa-gesa santaplah hingga habis.”(HR Bukhari)

Dalam hadis lainnya Rasulullah SAW bersabda, “Apabila makan malam sudah tersaji, makan dahulukanlah makan malam tersebut dari salat Magrib. Dan janganlah kalian tergesa-gesa dari makan kalian,” (HR Bukhari)

Apabila kita telaah saksama, dari hadit di atas, salat Magrib yang waktunya sedikit saja akan tetapi Rasulullah SAW memberikan keringanan demi mendapatkan nilai-nilai khusuk dalam salat. Sedangkan solat dalam keadaan lapar akan tetapi makanan sudah tersaji tentunya ini akan membuat solat kita tidak khusuk.

Akan tetapi, bukan menjadikan sebagai alasan dan agar tidak dijadikan kebiasaan. Sebaiknya kita memastikan perut sudah dalam keadaan terisi ketika akan memasuki waktu salat, sehingga tidak akan ketinggalan salat berjamaah hanya karena selalu kelaparan di saat masuknya waktu salat, karena pada dasarnya hukum dari solat berjamaah itu sendiri adalah wajib.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa mendahulukan makanan di sini adalah anjuran sunnah, bukan wajib dan inilah pendapat yang rojih (yang lebih kuat).

Akan tetapi perlu diperhatikan, apabila waktu salat wajib sangat sempit, seperti Magrib, Subuh atau waktu salat yang lainnya sebentar lagi akan berakhir dan seandainya seseorang mendahulukan makan, waktu salat akan habis, untuk situasi seperti ini, yang harus didahulukan adalah salat.

Dianjurkan pula, dalam mengatur waktu makan agar tidak berbentrokan dengan waktu salat, menjalani hidup sehat seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita selaku umatnya. (ibin)


KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD