Sempurnakan Puasa dengan Zakat Fitrah

Sempurnakan Puasa dengan Zakat Fitrah
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat, zakat fitrah adalah zakat yang terkait secara langsung dengan bulan Ramadhan dan wajib ditunaikan sebelum mengakhiri ibadah puasa atau di akhir perhitungan sebulan Ramadhan.

Dasar hukum zakat fitrah adalah hadis yang berbunyi, “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari perkataan yang keji dan buruk, dan untuk memberi makanan kepada orang-orang yang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat Id, maka itulah zakat yang diterima, dan barangsiapa yang membayarkan sesudah shalat Id, maka menjadi sedekah biasa.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah, Daruqutny, Ibnu Hakim dari Ibnu Abbas ra)

Pembayaran zakat fitrah dilakukan mulai saat terbenam matahari akhir Ramadhan dan berakhir menjelang imam memulai shalat Id pada 1 Syawal, tanpa menutup kemungkinan membayarnya sebelum tiba waktunya. Dalam praktik pelaksanaan zakat fitrah di negara-negara muslim, nilai zakat fitrah yang dibayarkan sepadan dengan nilai makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Zakat fitrah merupakan penyempurna ibadah puasa Ramadhan sebagai latihan pengendalian hawa nafsu dan meningkatkan derajat seorang Mukmin menjadi manusia yang bertakwa.

Hakikat zakat fitrah adalah menanamkan semangat solidaritas kepada sesama manusia dan menjadi pengingat setiap muslim agar mempunyai jiwa kasih sayang kepada fakir miskin. Perasaan kasih sayang, saling mencintai, dan menolong sesama adalah tujuan ibadah puasa sebagai gerbang keadilan sosial.

Ayo tunaikan zakat fitrah untuk kesempurnaan puasa dan kegembiraan fakir miskin di hari raya. Sambut hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Sucikan jiwa, bersihkan harta, dan raih kemenangan sebagai orang yang bertakwa.

Zakat fitrah dapat disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya di Indonesia, salah satunya yaitu Dompet Dhuafa. Kami hadir untuk membantu menyalurkan zakat fitrah Sahabat kepada para mustahik yang berhak menerimanya.

Mari tunaikan zakat Sahabat di Dompet Dhuafa

BCA 245.4000.331

Mandiri 155.000.2200.221

a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Zakat online donasi.ddbanten.org/zakat

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD