Kakinya Banyak Bekas Luka, Kini Pelajar Lebak Banten Ini Bisa Bersepatu ke Sekolah

Kakinya Banyak Bekas Luka, Kini Pelajar Lebak Banten Ini Bisa Bersepatu ke Sekolah
Bagikan tulisan ini via:

LEBAK, DDBANTEN.ORG — Enam tahun sudah Elyudin atau kerap disapa Ely (12) bersekolah di SDN Filial Girijagabaya 1, Kabupaten Lebak, Banten. Hari-harinya diisi dengan bersekolah dan bermain bersama teman-temannya. Tempat tinggal dan sekolah yang berada di balik bukit, menjadikan sekolah sederhana sebagi satu-satunya tempat hiburan bagi mereka. Namun besarnya semangat mereka menuntut ilmu, tidak sebanding dengan peralatan sekolah yang mereka miliki. Bahkan Ely dan banyak dari teman-temannya tidak pernah merasakan bersepatu ke sekolah.

“Bapak saya kerja serabutan, Kak, saya belum pernah pakai sepatu ke sekolah,” ujar Ely kepada tim Dompet Dhuafa saat menyambangi sekolahnya. Sehari-hari, baik itu ke sekolah maupun bermain, Ely tidak beralas kaki. Wajar jika di bagian kakinya banyak bekas luka.

Kondisi Ely tersebut ternyata mengetuk pintu hati masyarakat di kota-kota besar. Lewat gerakan shoecial movement dan berbagi sepatu yang digagas oleh Dompet Dhuafa, masyarakat berbondong-bondong menyumbangkan sepatu layak pakai maupun donasi uang tunai. Dari gerakan yang digaungkan pada 29/10 dalam acara Jakarta Marathon tersebut, telah terkumpul kurang lebih 1000 pasang sepatu. Sepatu-sepatu tersebut akan disalurkan ke berbagai sekolah di Indonesia termasuk sekolah Ely.

Pagi itu menjadi pagi yang lebih cerah daripada pagi-pagi biasanya. Perasaan Ely tak menentu saat tahu bahwa pada hari itu, Rabu (15/11), ia dan teman-temannya akan mendapatkan sepatu baru. Tim Dompet Dhuafa yang didampingi oleh tim Banten Mengajar sampai ke sekolah Ely pada pukul 11.00. Sebelum membagikan sepatu, para siswa-siswi diajak bermain berbagai macam permainan juga pembagian bingkisan snack.

Menjelang sore, tibalah waktu pembagian sepatu. Siswa-siswi SDN Filial Girijagabaya 1 berbaris berdasarkan kelas dan satu persatu menerima sepatu, termasuk Ely. Senyum manis tergambar di wajah Ely dan teman-temannya. Akhirnya ia bisa merasakan rasanya bersepatu ke sekolah.

Kini diluar sana, Ely-Ely lainnya yang belum pernah bersepatu ke sekolah, sedang menunggu datangnya sepatu-sepatu hasil sumbangan para donatur. Meskipun tak mewah, namun sepatu-sepatu itu bisa menjadi saksi perjuangan lahirnya generasi penerus bangsa. (Dompet Dhuafa/Dea)

***

Mari terlibat dalam gerakan #1000SepatuUntukAnakBanten. Donasikan sepatu layak pakaimu atau donasi senilai Rp100.000 (dikonversikan untuk satu pasang sepatu sekolah baru) melalui rekening berikut ini:

BCA 245.4000.551
BSM 146.006.4444
Muamalat 308.001.3157
Mega Syariah 1000.1000.54

Semua rekening a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Konfirmasi donasi melalui WhatsApp Center Layanan Donatur Dompet Dhuafa 0859-6655-3585 atau donasi melalui www.humanesia.org

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD