Kiat Cerdas Kelola THR Biar Tak Habis Sia-sia

Kiat Cerdas Kelola THR Biar Tak Habis Sia-sia
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat, tidak terasa sudah sampai di penghujung Ramadhan dan sebentar lagi kita akan tiba di hari raya Idul fitri. Bagi para pekerja dibulan Ramadhan ini tentunya sangat menantikan datangnya Tunjangan Hari Raya (THR) ke rekening kita kan?

Sayangnya sebagian besar dari kita mungkin tidak cermat dan bijak saat menggunakan uang THR sehingga sebelum lebaran tiba uang THR kerap kali sudah habis duluan. Agar THR yang sahabat tahun ini dapat bermanfaat secara optimal untuk keuangan, berikut beberapa tips yang dapat dicoba ya:

Tunaikan Kewajiban sebagai Muslim

Pertama, alokasikan untuk pembayaran zakat dan sedekah. Alokasi untuk pembayaran zakat baik itu zakat atas penghasilan maupun zakat fitrah yang timbul selesai bulan Ramadhan sebaiknya diambil dari penghasilan THR. Sahabat dapat mengalokasikan sekitar 2.5% – 5% dari penghasilan untuk pengeluaran ini. Agar mudah menghitungnya, berikut rumus untuk Zakat Penghasilan:

ZAKAT = (Gaji + Bonus + THR) x 2,5%

Kebutuhan Lebaran

Kebutuhan Lebaran juga membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika tidak dialokasikan dengan baik, kebutuhan hari raya dapat menghabiskan seluruh uang THR, bahkan mungkin melebihi uang THR yang sahabat miliki. Hal ini tentu saja akan membuat sahabat kesulitan setelah hari raya nanti. Nah, tidak ada salahnya mengalokasikan THR untuk kebutuhan kue Lebaran, pakaian, tiket mudik, dan THR untuk keluarga di kampung.

Investasi

Uang THR juga dapat dikatakan sebagai gaji ketiga belas. Sebaiknya sahabat tidak menggunakan seluruh dana ini untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Alokasikan sekitar 10% uang THR yang sahabat dapatkan untuk diputar kembali sebagai dana investasi. Hal ini selain dapat meningkatkan manfaat uang THR yang sahabat miliki, juga dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi sahabat dan juga keluarga. Di samping itu, sahabat dapat menganggap bahwa dana investasi dari uang tersebut adalah modal yang sahabat dapatkan secara cuma-cuma.

Bayar Utang

Hal yang tidak kalah penting adalah mengalokasikan uang THR sahabat untuk melunasi utang bila punya. Utang yang dibiarkan berlarut-larut akan memberikan beban yang lebih besar terhadap kondisi finansial kita. Di samping itu, melunasi utang lebih cepat juga memberikan sahabat ruang untuk dapat menjalani hari raya dengan tenang tanpa diikuti oleh bayang-bayang utang yang belum dibayarkan.

Dana Darurat

Jika sahabat tidak memiliki utang yang harus dibayarkan, sahabat dapat menyimpan sebagian uang THR sebagai dana cadangan atau dana darurat. Sehingga apabila suatu hari kebutuhan harian sahabat tidak dapat tercukupi hanya dengan gaji, sahabat telah memiliki sumber dana lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebaiknya sahabat mengalokasikan sekitar 15% untuk melunasi utang yang sahabat miliki atau menyimpannya sebagai dana darurat.

Nah, itulah beberapa tips dan jangan lupa segerakan menunaikan zakat serta sedekah, ya

ZAKAT:

BCA 245.4000.331 | Mandiri 155.000.2200.221

SEDEKAH:

BCA 245.4000.551 | BSM 146.006.4444

Semua rekening a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Zakat online donasi.ddbanten.org/zakat

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)