Ini Keutamaan Hari Jumat yang Jangan Disia-siakan

Ini Keutamaan Hari Jumat yang Jangan Disia-siakan
Ini Keutamaan Hari Jumat yang Jangan Disia-siakan
Bagikan tulisan ini via:

Sejumlah hadis mengungkapkan, Jumat merupakan hari yang baik dan mempunyai keistimewaan. Rasulullah pernah bersabda, sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah Jumat. Pada hari itulah, Adam diciptakan dan pada waktu itu pula ia dimasukkan ke dalam surga. Pada hari yang sama, Adam juga dikeluarkan dari surga.

Kiamat pun, jelas Rasulullah dalam sabdanya, tidak akan terjadi melainkan pada hari Jumat. Ini adalah hadis riwayat Muslim, Abu Dawud, Nasa’I, serta Tirmidzi yang menyatakan kesahihan hadis tersebut. Sayyid Sabiq, mengutip hadis tersebut dalam bukunya, Fiqih Sunnah.

Terdapat hadis lain yang menerangkan hal serupa. Diceritakan Abu Lubanah al-Badri, Rasulullah bersabda bahwa pemimpin seluruh hari dalam setiap minggu adalah hari Jumat. Menurut Rasulullah, Jumat hari paling mulia di sisi Allah SWT bahkan lebih mulia dibandingkan Idul Fitri dan Idul Adha.

Pada hari Jumat, terjadi lima peristiwa besar. Pertama, Allah SWT menciptakan Adam, kedua, Allah menurunkan Adam ke bumi, ketiga, Allah mewafatkan Adam, keempat, pada hari Jumat itu ada suatu saat di mana tidak seorang hamba pun berdoa kepada-Nya melainkan Allah pasti akan mengabulkannya.

Tentu selama permintaan tersebut bukan sesuatu yang bersifat haram. Dan kelima, Jumat merupakan hari di mana kiamat akan terjadi. Oleh karena itu, tiada malaikat, langit, bumi, angin, gunung, atau lautan yang tak merasakan ketakutan ketika Jumat itu telah tiba. Sayyid Sabiq mengatakan, Iraqi menegaskan bahwa sanad hadis ini hasan.

Beberapa hadis pun mendorong umat Islam untuk melantunkan doa pada hari yang istimewa itu. Abu Sa’id dan Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa pada hari Jumat terdapat suatu saat di mana Muslim yang memohon kepada Allah pasti dikabulkan permohonannya.

Rasulullah mengungkapkan, saat itu adalah Ashar. Hadis tersebut diriwayatkan oleh Ahmad. Menurut Ahmad bin Hanbal, sebagian besar hadis yang ia terima menegaskan bahwa saat terkabulnya doa itu adalah setelah Ashar. Ada pula keterangan lain melalui hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang ia terima dari Abu Musa.

Ia menuturkan, dirinya pernah mendengar Rasulullah mengatakan saat makbulnya doa itu terjadi di antara waktu imam duduk di atas mimbar sampai selesai shalat. Namun, Sayyid Sabiq menjelaskan hadis tersebut mudtharib, yang berarti hadis terputus sanadnya.

Jumat Berkah, Jumat Bersedekah

“Penghulu segala bulan ialah bulan Ramadhan dan penghulu hari adalah hari Jumat.” (HR. Al-Bazzar)

Adalah Jumat berkah yang menjadi trending topic di tiap halaman lini masa sosial media ketika hari Jumat datang bahkan sudah dimulai ketika Kamis beranjak malam. Ada apa dengan Jumat berkah? Mengapa Jumat berkah?

Banyak hadis yang menyebutkan keistimewaan tentang hari Jumat salah satunya hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud yakni, “Sesungguhnya hari yang paling utama adalah Jumat, maka perbanyaklah salawat kepadaku di dalamnya.”

Tak hanya memperbanyak salawat hal yang disunnahkan untuk dilaksanakan ketika hari Jumat namun ada beberapa hal lainnya seperti membaca surat Al Kahfi dan memperbanyak sedekah.

Terkait dengan sedekah, ia adalah hal istimewa yang bisa dilaksanakan kapan pun bukan hanya di hari Jumat. Namun jika merujuk hadis yang mengatakan bahwa pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat maka sedekah pada hari Jumat layaklah kita usahakan dibanding hari-hari lainnya dalam sepekan.

Ibnu Qayyim berkata, sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah pada hari lainnya adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya. Bahkan ketika Jumat, Ibnu Taimiyah membawa apa yang dimiliki nya di rumahnya kemudian beliau sedekahkan dalam perjalanan menuju masjid untuk shalat Jumat secara sembunyi-sembunyi.

Hal ini menunjukan bahwa sedekah di hari Jumat adalah istimewa. Pahalanya dianalogikan jika kita bersedekah saat Ramadhan. Dengan banyaknya keutamaan sedekah serta keutamaan hari Jumat maka maka dahsyatnya sedekah Jumat dengan pahala berlipat. Dahsyatnya sedekah Jumat membuat harta semakin berkah, InsyaAllah. 

Ingat sedekah? Ingat Dompet Dhuafa.

SEDEKAH DI DOMPET DHUAFA, KLIK DI SINI


TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD