Ketika Dana Zakat Dikelola Profesional, Begini Perubahan Hidup yang Dialami Peternak ‘Kampoeng Ternak Banten’

Ketika Dana Zakat Dikelola Profesional, Begini Perubahan Hidup yang Dialami Peternak ‘Kampoeng Ternak Banten’
Ketika Dana Zakat Dikelola Profesional, Begini Perubahan Hidup yang Dialami Peternak ‘Kampoeng Ternak Banten’
Bagikan tulisan ini via:

SERANG, DDBANTEN.ORG – Puji namanya, bapak satu anak ini dulunya adalah seorang pengangguran. Kehidupannya terbilang susah jauh dari kata cukup, tempat tinggalnya juga hanya rumah berbentuk saung. Kumuh, sempit, dan jauh dari jalan raya.

Sejak menjadi penerima manfaat program Kampoeng Ternak Banten pada 2016 lalu, Puji dan beberapa mustahik lainnya diberikan bantuan hewan ternak dari Dompet Dhuafa Australia dan Dompet Dhuafa Banten.

Bukan hanya bantuan berupa kambing dan domba, Puji dan mustahik lainnya juga mendapatkan pendampingan intensif tentang teknik peternakan dari tim Dompet Dhuafa agar bisa menjadi peternak yang mandiri.

“Dulu kami dibantu masing-masing lima ekor domba. Lalu diajarkan cara merawat dan ngobatin domba kalau sakit. Saya gak punya pengalaman peternak sebelumnya, alhamdulillah, sekarang jadi tahu,” cerita Puji saat disambangi di lokasi Kampoeng Ternak Banten, Cipocok Jaya, Senin (5/6/2017) lalu.

Puji dan empat mustahik yang dipilih Dompet Dhuafa sebagai penerima manfaat berasal dari berbagai latar belakang. Puji sendiri tadinya adalah seorang tukang bangunan dengan penghasilan tak menentu, bajkan kerap dia menganggur. Satu tahun dibina, keadaan ekonomi Puji dan teman-temannya berangsur membaik.

“Warga biasanya suka datang ke sini, mereka kadang mencari domba untuk akikah, hajatan, dan lain-lain. Keuntungan dari kambing yang di jual juga lumayan, Pak. Sekitar 800 ribu per ekor,” tutur Puji menceritakan proses usaha peternakan yang kini ia lakoni.

Dari penghasilan yang dia peroleh, kini Puji dapat menyekolahkan anak-anaknya dan bisa mengcukupi kebutuhan keluarga kecilnya.

Peternakan domba yang ia kelola, kini sudah memiliki perputaran uang yang sehat. Artinya puji sudah bisa menjadi peternak yang mandiri.

“Insya Allah, Lebaran Haji nanti saya pengen ikuran kurban, Pak… Mudah-mudahan niat ini berjalan lancar,” harapnya.

Keberhasilan Puji dan teman-temannya keluar dari jerat kemiskinan tentu tak lepas dari peran para donatur yang memercayakan dana zakatnya kepada Dompet Dhuafa.

“Alhamdulillah, ini semua adalah berkah dari zakatnya para donatur Dompet Dhuafa. Kami ingi kepercayaan yang diberikan donatur benar-benar mampu kami salurkan melalui program-program tepat sasaran, efektif, efisien, dan bedampak nyata pada mereka yang menerima bantuan zakat atau mustahik,” ujar Manajer Program Dompet Dhuafa Banten Mokhlas Pidono.

Memang, lembaga amil zakat Dompet Dhuafa dikenal sebagai lembaga yang concern pada program-program pemberdayaan ekonomi. Keberhasilan Dompet Dhuafa dalam mengelola zakat dengan menggulirkan program-program inovatif sehingga menjadikan jutaan masyarakat lebih sejahtera, diganjar dengan penghargaan internasional Ramon Magsaysay Award tahun lalu.

“Semangat kami adalah mengantar mustahik move to muzaki. Jangan sampai orang yang kita bantu malah menjadi ketergantungan dengan kita. Tapi kami terus mencoba mendampingi mereka hingga mandiri dan mudah-mudahan menjadi orang yang gantian membantu orang lain,” pungkas Mokhlas. (ibin/chogah)

KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD