H-2 Lebaran, Sudahkah Sahabat Tunaikan Zakat Fitrah?

H-2 Lebaran, Sudahkah Sahabat Tunaikan Zakat Fitrah?
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat, bulan Ramadhan tinggal menghitung hari saja dan hari kemenangan pun segera tiba, di akhir Ramadhan ini ada satu lagi kewajiban amat penting dan jangan sampai terlewat yaitu zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam, baik lelaki maupun perempuan, muda dan tua, pada awal bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah dikeluarkan untuk mensucikan diri dari dosa-dosa dan untuk memberikan makanan kepada fakir miskin serta golongan lain yang berhak menerima zakat. Besarnya zakat fitrah dibayarkan sesuai dengan harga bahan pokok. Benda yang digunakan untuk membayar zakat fitrah adalah makanan pokok menurut tiap-tiap daerah seperti beras, gandum, atau kurma untuk setiap orang yang membutuhkan yang jumlah pembayaran zakat fitrah adalah 3,2 liter atau 2,5 kg beras.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS At Taubah: 103)

Empat Imam madzhab, yaitu Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Hambali, dan Imam Hanafi sepakat bahwa zakat fitrah hukumnya adalah wajib, dan diwajibkan atas anak kecil dan orang dewasa. Seluruh imam madzhab juga berpendapat bahwa orang yang wajib atasnya zakat fitrah juga wajib mengeluarkan zakat fitrah bagi anak-anaknya yang masih kecil. Selain itu, bayi yang lahir sebelum waktu maghrib tanggal 1 bulan Syawal juga wajib mengeluarkan zakat.

Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah bermadzhab Syafi’i, maka di sini mengambil beberapa hukum dan permasalahan di dalam zakat fitrah menurut Imam Syafi’i, seperti yang ditulis dalam kitab “Fiqih Empat Madzhab” karangan Syaikh Muhammad bin Abdurrahman Al-Dimasyqi pada bagian zakat fitrah, seperti berikut:

1. Zakat fitrah adalah wajib bagi orang yang mempunyai kelebihan makanan sebanyak kadar untuk zakat fitrah tersebut pada siang dan malam hari raya untuk dirinya, keluarganya, dan orang-orang yang dalam tanggungannya

2. Suami wajib membayarkan zakat fitrah istrinya, sebagaimana ia wajib memberikan nafkah untuknya

3. Diperbolehkan membayar zakat fitrah pada awal bulan Ramadhan

Bagi Sahabat yang sudah sibuk menyiapkan hari raya mulai dari pakaian, kue, mudik hingga hantaran parsel Lebaran. Padahal, Ramadhan yang mulia akan segera berlalu. Jangan sampai kehilangan kesempatan beribadah di bulan pahala berlipat-lipat ini.

Nah, sebelum kesibukan semakin menyita waktu kita. Yuk zakat selagi sempat.

Ayo tunaikan zakat fitrah melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya di Indonesia, salah satunya yaitu Dompet Dhuafa. Kami hadir untuk membantu menyalurkan zakat fitrah Sahabat kepada para mustahik yang berhak menerimanya.

 

Mari tunaikan zakat Sahabat di Dompet Dhuafa

BCA 245.4000.331

Mandiri 155.000.2200.221

a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Agar zakat Sahabat tercatat secara akurat, setelah transfer lakukan konfirmasi melalui:

WhatsApp: 0859-6655-3585

Website: donasi.ddbanten.org/konfirmasi

Email: [email protected]

Zakat online donasi.ddbanten.org/zakat

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)