Bagaimana Hukum Membayar Zakat via Online? Ini Penjelasannya

Bagaimana Hukum Membayar Zakat via Online? Ini Penjelasannya
Bagaimana Hukum Membayar Zakat via Online? Ini Penjelasannya
Bagikan tulisan ini via:

Pertanyaan:

Assalamualaikum, wr.wb.

Dompet Dhuafa, apakah benar bila membayar zakat itu harus ada ijab kabul? Bagaimanakah hukumnya bila membayarnya via online dan transfer? Terima kasih.

Wassalam…

Yani di Pandeglang

Jawaban:

Waalaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh.

Saudari Yani yang dirahmati Allah, pada dasarnya ijab kabul tidak termasuk salah satu rukun zakat. Ijab kabul juga tidak termasuk syarat sah zakat. Sebenarnya, ibadah zakat berbeda dengan wakaf, akad jual beli, utang piutang, gadai dan sejenisnya.

Unsur yang terpenting dalam zakat adalah: pemberi zakat, harta zakat dan penerima zakat. Seorang muzaki haruslah orang yang memiliki harta mencapai nisab atau memenuhi kriteria wajib zakat. Sedangkan harta zakat adalah harta yang diperbolehkan sebagai zakat. Sementara penerima zakat haruslah orang yang benar-benar berhak menerima zakat.

Adapun unsur penting lainnya, walau bukan suatu keharusan, dalam penyerahan zakat adalah: pernyataan zakat dan doa penerima zakat. Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, dalam Fiqhuzzakat-nya, berpendapat bahwa seorang pemberi zakat tidak harus menyatakan secara eksplisit kepada mustahik bahwa dana yang ia berikan adalah zakat. Oleh karena itu, apabila seorang muzaki (pemberi zakat) tanpa menyatakan kepada penerima zakat bahwa uang yang ia serahkan adalah zakat, maka zakatnya tetap sah. Dengan demikian, seseorang bisa menyerahkan zakatnya secara online kepada lembaga amil zakat.

Bersamaan dengan itu, idealnya seseorang yang menyalurkan dana zakatnya via online ke lembaga amil zakat disertai dengan konfirmasi zakat secara tertulis. Dan konfarmasi tertulis itu merupakan salah satu bentuk pernyataan zakat. Konfirmasi zakat atau transfer ke rekening zakat secara khusus akan memudahkan amil dalam mendistribusikan harta zakat kepada orang-orang yang berhak.

Wallahu a’lam.

KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD