Apakah Tabungan di Bank Wajib Dizakatkan?

Apakah Tabungan di Bank Wajib Dizakatkan?
Apakah Tabungan di Bank Wajib Dizakatkan?
Bagikan tulisan ini via:

Pertanyaan:

Assalamualaikum, saya mau tanya, jika punya tabungan di bank, sampai batas berapa terkena wajib zakat maal? Dan bagaimana cara menghitung nilai zakat yang harus dibayarkan? (Nawawi Yusron)

Jawaban:

Wassalamualaikum, wr.wb.

Bapak Yusron yang baik,  semoga selalu dalam naungan rahmat Allah.

Dalil diwajibkannya kita mengeluarkan zakat simpanan termasuk tabungan di bank adalah Firman Allah dalam QS At-Taubah Ayat:34-35, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”

Dalam hadis juga disebutkan: “Tiadalah bagi pemilik simpanan (termasuk emas/tabungan) yang tidak menunaikan zakatnya, kecuali dibakar di atasnya di neraka jahanam.” (HR Bukhari)

Jadi, berapa batas terkena wajib zakat maal? Terkena wajib zakat maal bila tabungan tersebut telah memenuhi syarat sebagai berikut: 1) disimpan dan milik penuh oleh seorang Muslim sudah sampai setahun, 2) tidak berutang, 3) cukup nisab, yakni setara nilainya dengan 85 gram emas, kalau nilai emas satu gram hari ini @Rp 362.000 x 85 gr berarti tabungan yang sudah mencapai 30.770.000 harus mengeluarkan zakatnya 2,5 persen.

Hitungannya: 2,5 persen x 30.770.000 = 769.250 berarti zakatnya: Rp 769.250

Bila tabungan saudara sebesar Rp 37.000.000, berarti telah wajib zakat karena sudah lebih dari nisab zakat 85 gr emas. Zakatnya 2,5 persen dari Rp 37.000.000 adalah sebesar Rp 925.000.

Demikian, wallahuta’ala a’lamu. (Tim Dompet Dhuafa)

KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD