Abi Aden dan Umi Anis, Pasangan yang Bekerja dengan Rasa

Abi Aden dan Umi Anis, Pasangan yang Bekerja dengan Rasa
Abi Aden dan Umi Anis, Pasangan yang Bekerja dengan Rasa
Bagikan tulisan ini via:

Ramadan yang ditunggu, Ramadan bulan penuh berkah. Seperti Selasa (7/6) sore, lantai dua kantor Dompet Dhuafa Banten penuh dengan obrolan hangat. Dari sisi-sisi meja 2×3 meter persegi itu berlompatan rencana-rencana membentang kebaikan yang akan dilakukan selama Ramadan 1437 Hijriah ini. Ya, sore menjelang waktu berbuka puasa, kantor Dompet Dhuafa Banten di Kepandean, Kota Serang, kedatangan tamu istimewa, Ketua Yayasan Kami Peduli (YKP), Deden Sunandar, yang biasa disapa Abi Aden dan sang istri, Umi Anis.

“Pada Ramadan kali ini, Dompet Dhuafa Banten mencanangkan 4 program unggulan,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman, “Berbagi Nikmat Lebaran, Parcel Lebaran Anak Yatim, Berbagi Takjil Sehat, dan Kejutan Mustahik,” lanjutnya.

Setelah tahun lalu sukses menggelar kegiatan Charity Fair di Cilegon dan Berbagi Nikmat Lebaran di Kabupaten Lebak, tahun ini, Dompet Dhuafa Banten kembali menjalin sinergi program dengan Yayasan Kami Peduli.

Kesamaan visi

Abi Aden dan Umi Anis menceritakan awal mula terjalinnya kerja sama Dompet Dhuafa Banten dan Yayasan Kami Peduli.

“Abi pertama kali ketemu teman-teman DD di kegiatan ulang tahun komunitas Combat. DD support kegiatan cek kesehatan gratis. Dari sana kerja sama kebaikan terus terjalin,” ceritanya.

Abi Aden menerangkan bahwa Yayasan Kami Peduli bersinergi dengan Dompet Dhuafa karena kesamaan visi untuk menebar manfaat pada masyarakat.

Bersama Yayasan Kami Peduli, tahun lalu Dompet Dhuafa Banten berhasil menyebar 2.000 paket sembako lewat program Berbagi Nikmat Lebaran. Dompet Dhuafa Banten dan Yayasan Kami Peduli juga menggalang donasi lewat program Donasi BBQ, kegiatan pasar murah yang menjual barang-barang bekas berkualitas yang didonasikan oleh donatur.

Cerita yang sama diurai Umi Anis. Perempuan peraih penghargaan Dompet Dhuafa Award tahun 2015 itu menerangkan, kerja sama antara YKP dan DD Banten membuka jalan kebaikan lain. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Adenis yang diketuainnya pun menjalin kerja sama program dengan Dompet Dhuafa Banten.

“Tahun 2015, LKP Aden dan DD Banten bekerja sama lewat program Saung Keterampilan Usaha,” kata Umi.

Saung Keterampilan Usaha adalah program pelatihan membuat aneka kerajinan tangan berbahan kain flanel untuk masyarakat dhuafa dan mereka yang memiliki passion di bidang kerajinan tangan. Goal yang ingin dicapai DD Banten dan LKP Adenis melalui program ini adalah melahirkan pelaku usaha baru di bidang kerajinan tangan.

“Dengan pelatihan yang kita berikan, para peserta diharapkan mampu membuka usaha baru, sehingga mereka menjadi mandiri,” tutur wanita yang kerap diundang menjadi pembicara di berbagai kegiatan seminar ekonomi itu.

 Bekerja dengan rasa

“Yayasan Kami Peduli merupakan yayasan sederhana yang tidak dikenal namanya, tapi kami memberikan rasa,” tutur Umi Anis.

Umi menceritakan, dirinya bersama sang suami membesarkan YKP dalam kesunyian. “Tidak ada promosi, YKP kerjanya diam-diam aja. Kalau sekarang YKP dikenal, mungkin anak-anak yang pernah dibina oleh YKP yang menceritakan ke luar. Hehehe,” ujar Umi dengan senyum khasnya.

Pasangan suami istri ini dengan passion di bidang masing-masing, Abi Aden yang berkiprah di bidang event organizer dan Umi Anis yang berkarya di bidang usaha kerajinan tangan, terus berusahamewujudkan kemandirian masyarakat di sekitarnya. Abi Aden dan Umi Anis  tak segan-segan membina anak-anak dhuafa, memberikan kursus dan pelatihan untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

“Dengan prinsip dibina agar nantinya dapat mandiri,” tegas Umi Anis di akhir obrolan sore yang hangat itu.


Penulis: Dini Handayani

Editor: Setiawan Chogah


MARI BERBAGI, KLIK DI SINI!


TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

belangganan info DD