7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Mudik Sehat dan Berkah

7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Mudik Sehat dan Berkah
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat, mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik.

Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Berikut ini beberapa tips melakukan perjalanan sehat dan berkah saat mudik:

Sebelum mudik pastikan kita tidak merasa letih

Sebelum kita melakukan mudik, pastikan kita telah dalam kondisi fit. Fit berarti badan kita merasa sehat bugar, tidak ada pegal-pegal, tidak merasa pusing dan lain sebagainya. Hal ini penting, karena kita akan melakukan perjalanan jauh yang tentunya sangat menguras energi dan meletihkan badan.

Siapkan makanan yang bergizi dan minuman yang cukup

Ini yang penting, makanlah dengan makanan yang bergizi, dengan komposisi berimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan lain sebagainya. Hindari makan makanan yang didominasi karbohidrat saja, protein saja atau lemak saja. Contoh: selain makanan kita juga membutuhkan minuman. Baiknya kita siapkan minuman yang berisotonik agar ion dalam tubuh kita dapat tergantikan dengan cepat. Bila tidak ada, air putih cukup. Hindari minuman beralkohol, minuman berenergi dan kopi. Kopi berbahaya bagi lambung dan membuat kita sering kencing (diuresis).

Hindari makan pedas dan tidak higenis

Tips ketiga, hindari makan makanan pedas dan tidak higenis. Ini penting karena, akan membuat kita beresiko terkena diare. Makanan tidak higienis sering dikaitkan dengan diare sekretorik dan osmotik, apalagi ditambah makanan pedas. Selain dapat memicu diare, juga dapat membahayakan lambung.

Bawalah alat P3K

Sedia payung sebelum hujan, sedia perlengkapan kesehatan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perlengkapan P3K sederhana seperti perban, iodopovidon, kasa dan plester sering dibutuhkan selama mudik. Ini untuk menghindari dan mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Persiapkan juga obat anti diare, obat anti mual, obat penurun demam, dan bila perlu suplemen tablet.

Istirahatlah 2 jam perjalanan

Selama melakukan perjalanan maksimal kita 2 jam di kendaraan, setelah itu usahakan kita beristirahat merebahkan badan minimal 15 menit. Hal ini penting, agar badan kita tetap fit, dan tingkat lelah otot dapat menurun dengan relaksasi.

Tetap laksanakan shalat dan ibadah

Selama melakukan perjalanan tetaplah melakukan ibadah dan shalat. Kunci dari segala keselamatan ada di tangan Tuhan Sang Pemberi Hidup yang Maha Memberi Keselamatan. Tetaplah melakukan dan melaksanakan shalat, baik itu dijama atau diqasar. Shalat ini membuat kita dipaksa juga beristirahat oleh karena itu dengan melaksanakan shalat, kondisi tubuh kita akan terasa lebih segar.

Hindari stres dan banyak pikiran

Saat melakukan mudik hindari stres dan pikiran yang memberatkan. Ini penting karena dengan tidak stres dan tidak berpikiran yang berat, konsentrasi kita selama mengemudi mudik menjadi baik dan stabil. Berbeda bila saat mudik kita merasa stres dan ada pikiran memberatkan, hal ini berbahaya dan membuat kita tidak fokus selama mengemudi sehingga sangat membahayakan nyawa kita sendiri dan nyawa orang lain.

Ditambah agar mudik kita aman dan berkah, yuk kita bersedekah seperti sabda Rasulullah SAW “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi)

Tunaikan sedekah kita di lembaga terpercaya agar manfaatnya lebih berkesinambungan, salah satunya adalah Dompet Dhuafa. Mudik sehat dan berkah, kita bisa bergembira berkumpul bersama keluarga menyambut hari yang penuh pengampunan. 

Mari bersedekah di Dompet Dhuafa

BCA 245.4000.551

BSM 146.006.4444

Muamalat 308.001.3157

a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Donasi online donasi.ddbanten.org/sedekah

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)