6 Langkah Mengelola Bonus Akhir Tahun

6 Langkah Mengelola Bonus Akhir Tahun
Bagikan tulisan ini via:

DDBANTEN.ORG — Tak terasa, sudah memasuki bulan Desember yang berarti mendekati akhir tahun 2017. Banyak masyarakat yang menanti bulan ini. Selain sebagai liburan panjang di penghujung tahun, namun juga karena akan mendapatkan bonus akhir tahun.

Bonus akhir tahun ini merupakan penghasilan tambahan selain gaji bulanan tentunya. Nah, apa rencana Anda ketika menerima bonus akhir tahun nanti? Apakah mungkin Anda sudah merencanakan untuk berlibur bersama keluarga di akhir tahun? Atau malah diinvestasikan untuk masa depan. Agar tidak salah dalam penggunaan bonus akhir tahun, yuk simak beberapa prioritas yang seharusnya didahulukan dari bonus akhir tahun tersebut.

1. Pengeluaran Sosial

Yang termasuk pengeluaran sosial seperti zakat dan sedekah. Sebagai makhluk sosial dan beriman, kita semua percaya setiap rezeki yang kita terima, ada hak orang lain di dalamnya. Maka setelah menerima bonus tersebut, Anda harus segera mengeluarkan baik dalam bentuk zakat dan sedekah.

2. Jatuh Tempo Tahunan

Tagihan yang memiliki jatuh tempo tahunan umumnya adalah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak kendaraan, dan biaya lainnya yang jatuh tempo satu tahun sekali. Biaya-biaya tersebut dapat dibayarkan dengan menggunakan uang bonus akhir tahun. Dengan seperti ini, cashflow bulanan Anda tidak akan terganggu.

3. Lunasi Utang

Bila Anda memiliki utang jangka pendek maka sebaiknya bonus akhir tahun digunakan untuk melunasi utang tersebut. Bila merasa sayang dan memilih untuk memasukkan bonus tersebut ke dalam tabungan, Anda salah besar.

4. Dana Darurat

Dana darurat merupakan salah satu pilar penting dalam keuangan seseorang, baik single ataupun yang sudah berkeluarga. Bila selama ini Anda belum memiliki dana darurat atau belum mencapai jumlah yang sesuai kebutuhan maka sebaiknya bonus akhir tahun kali ini digunakan untuk memenuhi dana darurat tersebut.

5. Berinvestasi

Anda juga memiliki kesempatan untuk menambah porsi investasi dengan menambah secara manual atau top up, sekaligus menganalisis portofolio yang selama ini sudah terbentuk.

6. Menikmati Bonus

Setelah memenuhi prioritas di atas, Anda dapat menggunakan bonus tahunan untuk berlibur bersama keluarga atau sekadar menjalankan hobi yang selama ini tertunda akibat rutinitas pekerjaan.

Mungkin juga Anda ingin membeli barang yang sudah lama diinginkan. Semua tergantung pada diri Anda, bagaimana ingin menggunakan bonus kali ini. ▣


Source: Majalah Bangkit Berdaya Edisi V/Tahun I/November-Desember 2017


Tunaikan Zakat Anda melalui:

BCA 245.4000.331
BNI Syariah 9999.2525.8
Mandiri 155.000.2200.221
a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Layanan Konfirmasi dan Konsultasi Zakat, hubungi WhatsApp Center Layanan Donatur Dompet Dhuafa 0859-6655-3585 atau klik di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD

×
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik di sini untuk memulai chatting :)