4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Ramadhan

4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Ramadhan
Bagikan tulisan ini via:

Sahabat, tak terasa pekan depan  kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan penuh pahala dan bulan penuh kebaikan.

Bagaimana pun keadaan kita, apakah kita siap atau tidak siap, Ramadhan pastilah akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan nan suci. Berikut 4 hal yang mesti kita siapkan untuk mendulang berkah di bulan mulia:

Persiapan Ruhiyah (Keimanan)

Rasulullah SAW mengajarkan kita tentang sebuah doa menjelang Ramadhan, yaitu:  “ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan”.

Persiapan secara keimanan berupa pengendalian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan dan lain-lain. Semoga dengan kebiasaan untuk menahan diri pada bulan Sya’ban, akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan sehingga ibadah shaumnya jadi sempurna.

Persiapan Jasadiyah (Jasmani)

Ramadhan adalah bulan ketika kita melakukan kebaikan maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat, ibadah sunnah akan mendapatkan pahala wajib dan pahala ibadah wajib berlipat-lipat, sangat disayangkan ketika tiba bulan Ramadhan dan kita dalam kondisi sakit, maka kita tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan cara berolah raga secara rutin serta sudah membiasakan diri dengan shaum sunnah.

Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan)

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama/contoh) kami, maka ibadah tersebut tertolak.” (HR. Muslim)

Memahami tata cara ibadah yang benar, membawa kita meraih pahala, karena apabila suatu aktivitas ibadah tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik, maka ibadahnya akan tertolak atau tidak mendapatkan pahala sama sekali. Persiapan ilmu ini bisa didapat dengan cara membaca atau menghadiri majelis taklim yang membahas tentang Ramadhan.

Persiapan Maaliyah (harta)

Persiapan harta yang dimaksud bukanlah persiapan harta untuk buka puasa, tetapi adalah untuk sedekah, karena sedekah di bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran yang berlipat-lipat. Persiapan ini bisa dimulai dengan membiasakan diri memberikan makanan bagi fakir miskin.

Melalui Dompet Dhuafa, manfaat sedekah Sahabat dapat menjangkau saudara-saudara kita di pelosok dan amat membutuhkan uluran tangan. Apalagi di zaman digital ini, bersedekah tak lagi terhalang tempat dan waktu, klik donasi.ddbanten.org/sedekah untuk tunaikan sedekah Sahabat. Atau juga dapat via transfer ke BCA 245.4000.551 dan BSM 146.006.4444 lalu konfirmasi ke WhatsApp 0859-6655-3585. Bahkan dengan men-share info baik ini ke Sahabat kita yang lain juga termasuk sedekah. Mudah, bukan?

Bagaimana, sudah siap menyambut hadirnya bulan berlimpah berkah? Semoga ibadah Ramadhan tahun ini lebih baik dengan persiapan yang lebih matang, ya. Amiin.

KALKULATOR ZAKAT

TUNAIKAN ZAKAT

TUNAIKAN SEDEKAH

TUNAIKAN WAKAF

DONASI KEMANUSIAAN

TINGGALKAN KOMENTAR

BACA JUGA:

Bagikan tulisan ini via:

Be Informed

berlangganan info DD